6 Tips Memilih Usaha Tanpa Modal dan Cara Sukses untuk Mengembangkannya

6 Tips Memilih Usaha Tanpa Modal dan Cara Sukses untuk Mengembangkannya

Memulai usaha dengan modal terbatas atau tanpa modal membutuhkan perubahan pola pikir. Secara tradisional, otak kita dikondisikan untuk memulai proses mencari peluang bisnis baru dengan bertanya: “Di mana ada celah di pasar dan bagaimana cara mengisi celah itu?” Kesenjangan bisa berupa kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi atau penemuan baru yang belum dibawa ke pasar.

Selanjutnya, kita akan menetapkan tujuan untuk membuat usaha yang akan mengisi celah itu. Kita akan mempertimbangkan sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan dan keluar untuk mencari sumber daya tersebut.

Namun terkadang, masalah modal menjadi tantangan bagi Anda dalam membangun bisnis impian Anda. Padahal, dalam kenyataaannya terdapat banyak usaha yang bisa Anda lakukan meskipun tanpa modal atau dengan modal yang sedikit.

Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa Anda bangun tanpa modal dan cara untuk mengembangkannya.

1. Pembuatan konten

Media sosial dan siklus berita 24 jam telah menciptakan banyak peluang yang sempurna bagi para profesional kreatif seperti penulis dan desainer grafis, yang dapat menggunakan bakat mereka untuk membuat konten berkualitas tinggi yang dapat dibagikan untuk bisnis dan media.

Berkat pertumbuhan gig economy dan banyaknya kebutuhan freelancer, lebih mudah dari sebelumnya untuk memasarkan diri Anda sebagai penyedia layanan profesional.

2. Asisten pribadi atau virtual

Sejalan dengan itu, mereka yang memiliki keterampilan organisasi yang baik sangat diminati oleh wirausahawan lain yang mengembangkan bisnis mereka dan ingin fokus pada tugas-tugas yang menguntungkan.

Seorang asisten pribadi atau virtual melakukan banyak dari fungsi kesekretariatan atau meja depan tersebut tanpa harus berada di tempat. Orang-orang ini sering bekerja dari rumah untuk banyak klien yang berbeda, mencatat kalender, membuat pengaturan penerbangan, dan melakukan pekerjaan administrasi.

3. Konsultan media sosial

Perusahaan yang lebih besar dapat menyewa agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun dan blog Facebook dan Twitter mereka, tetapi bisnis kecil seringkali harus menjaga pemasaran media sosial mereka sendiri.

Dengan begitu banyak tanggung jawab lainnya, pemilik bisnis mungkin terlalu sibuk atau kewalahan untuk membuat strategi media sosial yang hebat. Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, jadwal posting, dan konten untuk audiens target mereka. Seiring bertambahnya jumlah pengikut mereka, begitu pula bisnis Anda.

4. Pelatihan perangkat lunak

Apakah Anda mahir dalam program perangkat lunak yang sangat terspesialisasi? Ada permintaan yang terus meningkat untuk pelatihan dari para amatir dan profesional yang ingin memperluas keahlian mereka.

Manual teknis tersedia untuk program seperti software akuntansi Accurate Online dan Final Cut Pro, tetapi ini seringkali mahal dan sulit untuk dipahami oleh rata rata pengguna baru.

Jadwalkan lokakarya kelompok kecil atau sesi pribadi, dan tetapkan biaya per jam saat memberikan tutorial lengkap program. Kesabaran dan kepribadian yang hebat sangat penting.

5. Layanan pemasaran digital

Jika Anda memiliki pengalaman di bidang pemasaran, agen pemasaran digital tunggal adalah ide bisnis berbiaya rendah yang dapat Anda bangun dan jalankan dalam waktu singkat.

Jika Anda tidak memiliki latar belakang pemasaran tetapi tertarik pada bidang tersebut, Anda dapat mengambil kursus online yang terjangkau untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Salah satu hal terbaik namun paling menantang tentang pemasaran adalah pemasaran selalu berkembang. Oleh karena itu, jika Anda memiliki bakat untuk menulis dan belajar, perusahaan pemasaran digital adalah bisnis yang dapat Anda mulai dengan cepat dan murah.

6. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi itu mudah dan murah untuk memulai, tetapi dibutuhkan dedikasi dan visi jangka panjang untuk menjadi sukses.

Pada dasarnya, pemasaran afiliasi melibatkan Anda mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain, mendapatkan komisi atas prospek yang dihasilkan.

Yang Anda butuhkan untuk memulai hanyalah blog atau situs web dan produk atau layanan tertentu yang ingin Anda promosikan. Namun, untuk sukses dalam pemasaran afiliasi, Anda harus menarik banyak pengunjung ke situs web Anda dan membuat mereka membeli produk atau layanan dari mitra afiliasi Anda.

Tips untuk Sukses Membangun Usaha Tanpa Modal

Berikut adalah beberapa prinsip dan pedoman yang akan memberi Anda peluang lebih baik untuk meluncurkan usaha secara efektif dengan sedikit atau tanpa modal.

1. Mulailah dengan apa yang Anda miliki

Pada awal mencari untuk memulai bisnis baru, pertimbangkan apa yang Anda miliki. Pertimbangkan Anda:

  • Keterampilan – apa yang dapat Anda lakukan?
  • Pengalaman – apa yang telah Anda lakukan di masa lalu?
  • Pengetahuan – apa yang Anda ketahui?
  • Sumber daya berwujud – apa yang Anda miliki dan apa yang dapat Anda akses?

Anda disarankan untuk memikirkan baik-baik tanggapan Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan ini. Lampaui apa yang terlintas dalam pikiran segera dan pikirkan sedikit lebih dalam tentang apa yang Anda miliki. Dalam proses ini, pastikan untuk menuliskan tanggapan Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Tanggapan tertulis Anda akan menghasilkan berbagai kebutuhan yang dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang menarik, baru, dan berharga dalam membangun bisnis baru.

2. Pertimbangkan siapa yang Anda kenal

Apa yang Anda miliki perlu digabungkan dengan siapa yang Anda kenal agar memiliki kekuatan nyata. Perhatikan hubungan yang Anda miliki dengan orang lain, petakan jaringan koneksi Anda dan pertimbangkan bagaimana koneksi Anda dapat memungkinkan Anda untuk menggunakan apa yang Anda miliki dengan lebih efektif.

3. Investasikan apa yang Anda mampu untuk kehilangan

Ada perbedaan besar dalam pola pikir Anda jika Anda memulai dengan perspektif bahwa “Saya menginvestasikan jumlah ini dan saya mengharapkan pengembalian 30%” versus “Saya mampu untuk kehilangan sebanyak ini, oleh karena itu saya akan memasukkannya ke dalam bisnis dan melihat apakah modal ini bisa membuatnya bekerja ”.

Jika Anda hanya memasukkan apa yang Anda mampu untuk kehilangan, Anda mempertahankan fleksibilitas dalam bisnis dan meminimalkan stres dalam mengelolanya. Jika Anda hanya mau berinvestasi ketika Anda berharap bisa mendapatkan keuntungan tertentu, kemungkinan besar bahwa Anda mungkin tidak akan pernah mengambil lompatan dan meluncurkan bisnis yang selalu Anda impikan untuk dimiliki.

Contohnya adalah wirausahawan yang menolak untuk meninggalkan pekerjaan dengan gaji yang baik sampai dia menemukan peluang yang dia prediksi akan membayar lebih, dibandingkan orang yang memutuskan untuk menginvestasikan sebagian kecil dari tabungannya dan dua tahun hidupnya dalam sebuah proyek yang dia percaya bahwa jumlah waktu dan uang itu sepadan – terlepas dari apakah itu akan membayar lebih dari apa yang dia dapatkan saat ini.

Dia menjalani pola pikir kewirausahaan alternatif.

4. Bereksperimen dan beradaptasi

Dengan pola pikir ini, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi adalah keunggulan kompetitif. Anda berhasil bukan karena terlalu terpaku pada satu tujuan atau hasil, tetapi dengan tanggap terhadap perubahan lingkungan.

Perusahaan yang ada biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi daripada perusahaan baru karena mereka memiliki lebih banyak insentif agar hal-hal tetap sama dan mereka telah menetapkan rutinitas dan praktik yang memperkuat status quo.

Perusahaan baru tidak terikat dengan cara yang selalu dilakukan dan dengan demikian wirausahawan bisa mendapatkan keuntungan dari pergeseran preferensi konsumen atau pergeseran teknologi atau perubahan undang-undang dengan menyelaraskan kembali bisnis mereka untuk memanfaatkan perkembangan tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa usaha tanpa modal yang bisa Anda bangun dan tips untuk mengembangkannya. Setiap usaha yang baik dimulai dari niat dan keterampilan yang mumpuni, dengan begitu Anda bisa tahu apa yang akan dan harus Anda kerjakan untuk membangun usaha yang baik.

Pastikan juga Anda mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran pada bisnis untuk mengetahui keuntungan dan pos pengeluaran apa saja yang perlu Anda kurangi.

Anda bisa menggunakan sistem akuntansi berbasis cloud untuk memantau proses pembukuan dan seluruh transaksi dalam bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang sudah terbukti dan teruji digunakan oleh banyak bisnis di Indonesia.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat