Penjelasan Penting Untuk Pengguna Accurate Versi 4 dan 5 Yang Akan Migrasi ke Accurate Online

Penjelasan Penting

Sejak Accurate Online release pada pertengahan 2016 lalu, banyak pengguna Accurate Desktop versi 4 dan versi 5 yang ingin pindah ke Accurate Online. Accurate Online banyak diminati karena koneksi internet sudah semakin baik di negeri ini dan karena memang kebutuhan perusahaan itu sendiri yang semakin maju dan memiliki beberapa lokasi usaha yang berbeda dan menginginkan data yang terintegrasi secara online dan real time.

Sangat perlu diketahui oleh perusahaan yang sudah familiar dengan Accurate Desktop mulai dari versi 1 sampai dengan Accurate Desktop versi 5 yaitu:

Accurate Online yang baru lahir tahun 2016 ini bukanlah Accurate Desktop yang di-online-kan. Tetapi Accurate Online ini adalah benar-benar jenis software yang berbeda dan tidak ada kaitannya dengan Accurate Desktop yang Anda pakai saat ini.

Kendala

Yang menjadi kendala adalah database Accurate desktop versi 4 atau versi 5 yang mereka miliki tidak bisa dipindah ke Accurate Online. Hal ini karena struktur data yang dimiliki oleh Accurate 5 sangat berbeda dengan database Accurate Online meskipun kedua software tersebut memiliki fungsi dan fitur yang sama.

Jika Database Accurate 5 dikelola menggunakan Firebird sebagai engine databasenya, Accurate Online dikelola oleh banyak tools database yang digunakan untuk mendevelop programnya seperti: Java, PHP, C++, PostgreSQL, dan lain-lain. Hal inilah yang menyebabkan database Accurate 5 tidak bisa dipindah ke Accurate Online. Begitu juga sebaliknya, Pengguna Accurate Online tidak bisa mengambil file databasenya untuk digunakan di Accurate Desktop.

Solusi

Bagi pengguna Accurate Desktop Versi 4 atau versi 5 yang ingin berpindah menggunakan Accurate Online, maka bisa melakukan penghentian penginputan transaksi pada tanggal tertentu di Accurate Desktop yang mereka pakai saat ini. Misalkan penginputan transaksi di Accurate Desktop Versi 4 atau versi 5 cukup sampai 30 April 2020. Setelah mencapai tanggal tersebut. Benar-benar stop penginputan di Accurate Desktop sampai tanggal 30 April 2020.

Lalu catat atau dowload semua data saldo terakhir dari Accurate Desktop itu. Data yang perlu diambil saldo terakhirnya adalah sebagai berikut:

  1. Data barang beserta jumlah stok dan nilai persediaan per 30 April 2020
  2. Data akun seperti Bank, Kas, dll  beserta  saldonya pada tanggal 30 April 2020
  3. Daftar piutang per pelanggan per faktur beserta nilai piutang per fakturnya yang dilihat pada tanggal 30 April 2020
  4. Daftar hutang per vendor per faktur beserta nilai hutang per fakturnya yang dilihat pada tanggal 30 April 2020
  5. Daftar fixed asset

kelima data tersebut dapat Anda siapkan dalam format excel sesuai format yang telah disediakan dalam link ini

Jika Anda sudah menyiapkan semua data saldo akhir dari Accurate Desktop Anda, Silahkan Import data tersebut  ke Accurate Online sebagai saldo awal di Accurate Online per tanggal 1 mei 2020. Jadi Anda bisa menginput transakdi per 1 Mei 2020 di Accurate Online.

Jangan lupa untuk menyimpan dengan sebaik mungkin database GDB Accurate Anda yang lama jika sewaktu-waktu anda perlukan untuk kepentingan review atau audit.

Scroll to Top
×